LOKASI BAHAN GALIAN TAMBANG

A. PASIR KUARSA Lokasi pasir kuarsa di Kabupaten Tuban tersebar terletak di beberapa lokasi diantaranya di Kecamatan Bancar, Tambakboyo, Jatirogo, dan di Kecamatan Singgahan. Deposit potensi pasir kuarsa di Kabupaten Tuban diperkirakan sebesar ± 499.067.420 ton. Dari potensi tersebut sampai dengan tahun 2009 deposit yang sudah dieksploitasi sebesar ± 980.881 ton. Pemegang SIPD/IUP jenis bahan galian pasir kuarsa pada tahun 2009 ada sebanyak 5 pengusaha. Produksi pasir kuarsa selain diolah sendiri juga dipasarkan beberapa perusahaan besar sebagai bahan pembuatan kaca dan bahan produksi lainnya. Aktivitas penambangan pasir kuarsa saat ini sebagian besar berada di Kecamatan Bancar.

B. TANAH LIAT Lokasi bahan galian tambang tanah liat (clay) di Kabupaten Tuban tersebar terletak di beberapa lokasi diantaranya di Kecamatan Jenu, Tambakboyo, Kerek. Deposit potensi tanah liat di Kabupaten Tuban diperkirakan sebesar ± 54.733.699 ton. Dari potensi tersebut sampai dengan tahun 2009 deposit yang sudah dieksploitasi sebesar ± 18.769.616 ton. Produksi tanah liat sebagian besar dimanfaatkan oleh PT. Semen Gresik sebagai bahan baku semen. 

C. BATU KAPUR Lokasi bahan galian tambang batu kapur (limestone) di Kabupaten Tuban tersebar terletak di beberapa lokasi diantaranya di Kecamatan Kerek, Merakurak, Tambakboyo, Palang, Semanding dan Montong. Deposit potensi batu kapur di Kabupaten Tuban diperkirakan sebesar ± 1.089.531.362 ton, dari potensi tersebut sudah dieksploitasi sebesar ± 86.175.962 ton. Produksi batu kapur sebagian besar dimanfaatkan oleh PT. Semen Gresik sebagai bahan baku semen dan dikirimkan ke beberapa industri besar sebagai bahan pembuatan cat dan lain-lain. 

D. PHOSPAT Lokasi bahan galian tambang batu phospat di Kabupaten Tuban tersebar di beberapa lokasi diantaranya di Kecamatan Kerek, Merakurak dan Bangilan. Deposit potensi batu phospat di Kabupaten Tuban diperkirakan sebesar ± 3.073.275 ton, dari potensi tersebut sudah dieksploitasi sebesar ± 18.924 ton. Produksi batu phospat dipasarkan keluar daerah dan ekspor sebagai bahan pembuatan pupuk dan lain-lain. 

E. DOLOMIT Lokasi bahan galian tambang batu dolomit (limestone) di Kabupaten Tuban tersebar di beberapa lokasi diantaranya di Kecamatan Kerek, Merakurak, Tambakboyo, Palang, Semanding dan Montong. Deposit potensi batu dolomit di Kabupaten Tuban diperkirakan sebesar ± 3.723.382.021 ton, dari potensi tersebut sudah dieksploitasi sebesar ± 551.248 ton. 

F. POTENSI BAHAN GALIAN LAINNYA Potensi bahan galian tambang masih belum dieksploitasi secara optimal adalah jenis ball clay dan batu kalsit (batu bintang).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar